10 Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Mudah & Menyenangkan

Belajar Bahasa Inggris

Belajar bahasa inggris bisa sangat mudah dan menyenangkan dengan metode belajar ini. Ikuti dan praktekkan secara rutin, anda akan mahir berbahasa Inggris tanpa kursus.


Whats up guys…!!! Apa kabar hari ini ?

Di era globalisasi seperti ini mau tak mau kita dituntut untuk bisa menggunakan bahasa Inggris, entah itu secara pasive ataupun active. Mungkin bagi sebagian orang, belajar bahasa Inggris memang kurang menarik. Untuk orang-orang seperti itu, akan menganggap kalau belajar bahasa inggris itu membosankan dan sulit untuk dipahami.

Jika kamu adalah salah satu orang yang berikir seperti itu, Yuk ubah dulu mindsetnya. Tekan tombol “power” dalam diri kamu kalau kamu MAU belajar bahasa Inggris, MAU menguasainya dan LAWAN pemikiran buruk tentang bahasa Inggris.

Ah, ga bisa bahasa Inggris juga tetep hidup kok. Ya, memang betul kamu bakalan tetep hidup. Tapi jika dengan menguasai bahasa Inggris kamu akan merasakan manfaatnya untuk saat ini dan masa depanmu. Pasti kamu akan satu langkah lebih maju dibanding orang-orang yang berfikir sebaliknya.

Mengapa Harus Belajar Bahasa Inggris?

Firt step, kita harus tau kenapa kita harus belajar bahasa Inggris. Mungkin alasan-alasan di bawah ini bisa membuat kamu menemukan motivasi untuk lebih INGIN untuk belajar bahasa Inggris.

1. Bahasa Inggris banyak digunakan di dunia

Sadar ga sih kalau kita abis beli handphone, laptop atau bahkan sekedar aplikasi atau blog di Internet hampir semua menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Kebayang kan, kalau kita ga bisa bahasa Inggris pasti kita akan menemukan kesulitan dalam hal ini.

Tanpa kita sadari, bahasa Inggris mulai masuk dalam kehidupan kita. Bahkan sekarang pun mulai menjamur sekolah-sekolah dengan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari saat di sekolah. Selain itu, bahasa Inggris juga jadi bahasa penghubung antar negara satu dengan negara lain dalam berkomunikasi.

2. Study ke luar negeri atau bekerja di luar negeri

Adalah hal yang sangat mungkin bagi kita untuk mendapatkan beasiswa keluar negeri atau bekerja di perusahaan international saat kita mampu menguasai bahasa Inggris. Walaupun kamu terbilang mampu di bidang akademi tapi minim skill bahasa Inggris, maka tetap saja kamu akan mengalami kesulitan kelak saat berada di luar negeri. Selain itu, untuk bisa bekerja atau sekolah di luar negeri, yang perlu diperhatikan adalah LULUS tes bahasa Inggris seperti IELTS atau TOEFL.

Belajar Bahasa Inggris

3. Bekerja di Perusahaan Besar

Jika kamu tidak memiliki keinginan atau bekerja ke luar negeri, mungkin alasan ini akan tepat untuk kamu. Pasti akan lebih bangga kika bisa bekerja pada sebuah perusahaan besar, ya kan? Hampir semua perusahaan besar, sebagian besar pekerjaannya mengharuskan kamu untuk mengerti bahasa Inggris walaupun itu secara pasif.

4. Jalan-Jalan ke Luar Negeri

Terdengar menyenangkan bukan? Ini alasan yang pas banget untuk kamu yang suka traveling, khususnya ke luar negeri. WAJIB banget bisa bahas Inggris ya. Apalagi jika tidak ada pemandunya.

Mungkin nantinya negara yang kamu datangi bukan negara dengan bahasa Inggris, tapi yang perlu diingat adalah bahwa bahasa Inggris sudah menjadi bahas International. Mulai dari peta, makanan, penunjuk arah, rute akan ditampilkan dalam bahasa Inggris. Jadi kamu tidak akan kesulitan bukan?

Untuk semakin menguatkan motivasi kamu, coba saja tempelkan misalnya gambar sebuah Icon wisata di Australia, yaitu Sydney Opera House atau hewan kangguru juga boleh. Tulisin deh pada gambar tersebut, “Australia I’m Coming”, pasti akan semakin menguatkan motivasi kita untuk kesana dan pastinya membuat kita memiliki hasrat yang kuat untuk segera bisa berbicara bahasa Inggris.

5. Menyenangkan

Tau ga sih, belajar bahasa Inggris itu menyenangkan loh. Karena secara tidak langsung kita juga akan belajar tentang budaya baru yang pastinya mendorong kita untuk menjadi bagian dari Global community.
Selain itu, secara tidak langsung kita juga akan menjadi pribadi yang lebih open minded karena telah mempelajari sebuah budaya yang mungkin jauh berbeda dengan budaya yang kita miliki.

Nah, adakah salah satu faktor di atas yang menjadi motivasimu untuk belajar bahasa Inggris? Saya yakin salah satunya pasti ada. Sekarang kita akan mulai dengan cara, teknik, media atau tips dan trik belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami yaaaa.

Untuk kamu yang pengen banget menguasai bahasa Inggris, IDEALNYA dalam sehari harus belajar kurang lebih 3 jam. Idealnya lho yaa…itu tergantung kebutuhan masing-masing Individu juga. Kalau lebih dari 3 jam?? Makin bagus dong yaaaaa…

10 Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Mudah & Menyenangkan

Cara Belajar Bahasa Inggris

1. Baca, baca dan baca

Mungkin membaca bisa bikin kamu menjadi bosan. Ya, baca dalam artian ini bukan saja membaca buku pelajaran. Apa saja boleh! Mulai dari membaca komik, novel atau bahkan hanya tulisan-tulisn yang ada dalam sebuah kemasan produk.

  • Membaca Komik

Nah, ini bisa disebut sambil menyelam minum air. Pasti banyak para pembaca disini yang hobi baca komik kan ya? Mulai sekarang, jika kamu ingin lebih cepat menguasai bahasa Inggris, bacalah komik yang berbahasa Inggris. Jika tidak menemukannya di toko buku terdekat, gampang banget untuk menemukannya secara online.
Jangan lupa siapkan kamus untuk langsung mencari arti kata yang belum kamu ketahui. Boleh kamus cetak ataupun kamus yang kamu install di smartphone kamu.

  • Membaca Novel

Sebenarnya tidak jauh beda dengan membaca komik. Hanya saja kalau novel akan lebih kompleks isinya, dan minim gambar. Kamu bisa memilih jenis novel yang kamu sukai agar tidak cepat bosan. Jangan lupa siapkan kamus saat baca novel yaaaa.

  • Membaca Koran atau majalah

Kenapa koran atau majalah juga menjadi referensi untuk belajar bahasa Inggris? Karena biasanya bahasa Inggris yang dimuat dalam sebuah koran atau majalah akan menggunakan grammar lebih bagus dan lebih tertata. Jadi, sambil menyelam minum air juga kan…? secara tak langsung kamu juga mempelajari grammar tersebut.

  • Membaca sebuah kemasan produk

Misalnya saja dalam kemasan sebuah makanan. Ada beberapa kemasan makanan yang menggunakan bahasa Inggris bukan? Disitu biasanya akan memuat kalimat atau kata yang lebih santai. Dari kemasan makanan pula kamu juga akan mempelajari banyak vocabulary.

2. Nonton film

Mana suaranya bagi yang suka menonton film? Cara ini merupakan salah satu cara yang paling tepat dan menyenangkan.

Menonton film merupakan sebuah hobi yang bisa kamu ubah untuk belajar. Pilih film yang sesuai dengan selera kamu tentunya, agar tidak cepat merasa bosan atau ngantuk.

Kamu bisa update film di bioskop sambil hangout bersama teman-teman kamu, atau bahkan jika ingin yang gratis, tinggal streaming di media online. Banyak sekali film yang dapat kamu tonton. Carilah film dengan kualitas bluray asli atau misal DVD, carilah yang original. Kenapa? Karena jika tidak, ada beberapa film yang bajakan akan memuat subtitle dengan tidak sesuai atau amburadul. Jadi, sebisa mungkin STOP gunakan bajakan ya!

Jurus lain saat menonton film adalah, jika penguasaan kosa katamu (vocabulary) sudah banyak, matikan subtitle. Cobalah untuk fokus mendengarkan apa yang para pemain film katakan. Cobalah pahami. Ini akan melatih kemampuan mendengar/listening kamu. Karena dengan mematikan subtitle, tentunya kamu akan lebih peka dan terfokus pada apa yang diucapkan. Jika ada kata yang belum kamu ketahui, tentu saja otak kamu akan berfikir dan menebak-nebak apa arti dari kata tersebut. Dan satu lagi yang penting, MATA kamu tidak akan terfokus pada subtitle.

Setelah itu, ulangi lagi menonton filmnya dengan menyalakan subtitle untuk mengecek apakah tebakan kamu tadi benar atau tidak.

3. Bermain Game

Siapa disini yang suka bermain game? Ternyata ada manfaatnya juga loh bermain game. Game yang saya maksudkan disini adalah game yang melibatkan banyak orang, dalam satu waktu yang sama, tentunya libatkan juga orang dari luar negeri.

Agar apa? Agar kalian bisa berkomunikasi, baik dengan mengetik di keyboard atau langsung berbicara terhubung online.

Jadi secara bersamaan anda meraih keseruan saat bermain game, saat itu juga anda secara GRATIS belajar berbicara dengan native speaker. Gamenya bisa berupa game strategy, perang atau lainnya. Cara ini sangat seru untuk dipraktekkan. Contoh game yang bisa dimainkan adalah Point Blank.

4. Miliki Sabahat Online

Karena teknologi yang semakin maju, banyak aplikasi yang memudahkan kita untuk berkenalan dan berteman dengan orang dari banyak negara. Dengan cara ini, pilihlah orang yang bisa berbicara Inggris. Kita bisa berkomunikasi lewat tulisan, entah itu email atau chating. Cara seperti ini sering disebut online-pen-pal.

Jika kamu membuka google dan tuliskan kata online pen-pal, akan muncul situs-situs pertemanan online. Kamu tinggal pilih yang sesuai dengan gayamu. Kamu bisa mencoba situs pertemanan di interpals atau Penpal Garden.

5. Make a friend (Berteman)

Facebook, Instagram, Twitter, Path adalah contoh social media yang sedang diserbu oleh banyak pengguna. Baik dalam negeri ataupun luar negeri.

Apa social media yang sering kamu gunakan? Tahukah kamu bahwa social media juga bisa kamu jadikan sebagai sarana belajar? Caranya bagaimana?

Mudah saja!

Cari atau follow saja orang dari negara yang menggunakan bahasa Inggris. Bertemanlah dengan mereka, berinteraksilah dengan mereka. Tentunya dengan bahasa Inggris yaaa. Keluarkan rasa PD mu.

Mulailah dengan percakapan bahasa inggris dasar. Misalnya, “Hi, whats your name?”, “how are you?”, “where do you live?” Jika direspon dengan baik, mulailah percakapan kalian.

Adakah cara lain?? Tentu saja!!

Jika selama ini kamu posting di facebook atau ngetwit dengan menggunakan bahasa Indonesia, mulai saat ini cobalah untuk menggunakan bahasa Inggris. Biasakanlah. Bisa karena biasa, Biasa karena pembiasaan. Biasanya itu akan memancing teman-teman anda yang berbahasa Inggris untuk memposting komentar mereka. Jangan lupa untuk membalas komentarnya dengan bahasa Inggris juga ya.

Apa harus orang luar negeri?

Tidak juga. Selain dengan orang asing, kamu juga bisa make a friend dengan orang-orang lokal, yaaaa orang Indonesia maksudnya. Hehehe

Jangan takut dibilang “sok” atau “sombong”, karena sekarang ini banyak kok anak-anak muda, orang dewasa bahkan anak kecil yang jago bahasa Inggris dan masih mau mempelajari bahasa Inggris. Buatlah group percakapan lewat whatsapp, line, atau telegram dengan mereka. Berlatihlah sesering mungkin dan saling mengkoreksi. Itu akan lebih memudahkan kalian dalam menguasai bahasa Inggris.

Make A Friend

6. Bernyanyi

Tentunya bernyanyi lagu bahasa Inggris ya. Pelafalan yang akan kamu tiru dalam sebuah lagu biasanya sudah pelafalan yang benar. Dengan demikian, ini juga akan melatih pengucapan bahasa Inggris kamu. Selain itu, kata-kata dalam lagu itu juga akan mengayakan vocabulary kamu.

Pilihlah penyanyi dari luar negeri yang kamu suka, dengarkan lagunya, tebak apa arti dan makna lagu tersebut. Jika sudah hafal, ikutlah bernyanyi.

Dengan cara ini, secara tidak langsung kamu akan mempelajari beberapa aspek. Aspek listening dengan cara mendengarkan dan juga speaking dengan cara mengikuti nyanyian lagu itu. Jika ada kosa kata yang belum kamu ketahui, seperti biasa, langsung saja buka kamus.

7. Online Tools

Seperti apa Online tools itu? Itau adalah media online yang dapat membantu kamu dalam belajar bahasa Inggris.
Misalnya saja sebuah bentuk pembelajaran lewat Flashcard. Misalnya saja bisa kamu download pada smartphone kamu, aplikasi ANKI. Download dan terapkan yaaaa. Ini bisa memperkaya kosa kata kamu dalam berbahasa Inggris.

8. Travelling

Bepergian dalam hal ini adalah bepergian ke negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris. Ini jurus yang ampuh tentunya, karena kamu akan terjun langsung untuk belajar ke sebuah negara untuk berinteraksi langsung dengan orang asli yang berbahasa Inggris.

Namun ini sangat menguras kantong. Tapi worth it. Karena sebanding dengan hasilnya.

Dengan cara ini kamu dipaksa untuk berani dan percaya diri untuk berinteraksi dengan mereka. Kenapa? Jelas banget dong. Dari bangun tidur hingga tidur lagi kita akan menjumpai orang-orang bule dan mau tak mau kita akan berinteraksi dengan mereka. Mungkin bisa dengan cara bertanya arah, tempat perbelanjaan, atau menawar harga sebuah barang.

9. Kursus

Cara ini juga cara yang ampuh untuk menguasai bahasa Inggris. Jika kamu mengambil sebuah kursus, maka belajarmu akan lebih teratur. Grammar dan vocabullary akan diajarkan dengan teratur pula. Biasanya akan diajarkan dengan cara interaktif dengan guru atau siswa lainnya.

Biasanya dalam mengambil kursus bahasa Inggris, para pengajar akan membuat sebuah tes untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan kita dalam bahasa Inggris. Dan dari situlah mereka akan menempatkanmu pada kelas yang sesuai.

Kalau di daerah Jawa Timur, ada yang namanya kampung Inggris Pare. Kampung Inggris аdаlаh satu kawasan dі Desa Tulungrejo Kecamatan Pare Provinsi Jawa Timur dimana ada puluhan lembaga kursus bahasa Inggris dan bahasa asing lain.

Disini biasanya kamu akan tinggal selama sebulan. Kamu akan masuk dalam sebuah lembaga yang telah menyiapkan kost/asrama, tutor bahasa Inggris dan bahkan makan sehari-hari.
Banyak lembaga kursus belajar bahasa Inggris disana yang menawarkan paket liburan juga looo. Tempat ini recomended juga untuk didatangi, agar kita bisa belajar lebih intens setiap harinya bersama tenaga pengajar yang handal dan juga teman-teman yang memiliki tujuan yang sama, yaitu menguasai bahasa Inggris.

10. Praktek, Praktek, Praktek

Apapun yang telah kita pelajari, dengan metode semudah apapun dengan alat semahal apapun akan sia-sia jika kita tidak pernah mempraktekkannya.

Berbicara bahasa Inggris, apapun itu dengan siapapun itu. Depan cermin pun boleh. Ga ada alasan lagi untuk malu karena grammar belum bisa atau vocab belum banyak. Pokoknya praktek! Karena berkomunikasi intinya adalah orang yang kamu ajak berbicara itu paham apa yang kamu maksud. Masalah grammar belum benar atau vocab belum banyak itu bisa ditata sambil kita belajar.

Nah, jadilah pembelajar yang baik ya. Praktekkan semua cara yang ada di atas tadi. Hiasi harimu dengan bahasa Inggris, mulai dari teman, suasana, apapun itu dalam bahasa Inggris. Jangan lupa katakan dalam diri kamu, “AKU BISA”. Bisa karena biasa, biasa karena pembiasaan.

** Salam hangat dari penulis **

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!